ashton rouhaniTeheran, LiputanIslam.com — Presiden Iran Hassan Rouhani menyerukan berlanjutnya pembicaraan program nuklir Iran antara negaranya dengan negara-negara utama dunia dan menyebutkan Iran dan Uni Eropa dapat meningkatkan hubungan strategis.

“Setelah melalui tahap ini dengan baik, kita akan menghadapi isu-isu yang sangat penting dan bahwa dalam kondisi itu Iran dan Uni Eropa akan memiliki hubungan yang strategis, sebagai contoh di bidang energi dan transit,” kata Rouhani dalam pertemuan dengan tamunya, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton, di Teheran, hari Minggu (9/3).

“Iran dan Uni Eropa bisa melakukan pembicaraan-pembicaraan dan menjalin kerjasama dalam masalah-masalah regional termasuk perang melawan terorisme dan ekstremisme, isu tentang Afghanistan, Suriah dan Irak dan perdagangan narkoba,” tambah Rouhani.

Rouhani juga menekankan bahwa Iran dan Uni Eropa memiliki kepentingan besar, tujuan-tujuan dan kesamaan pemikiran untuk bekerjasama dan menyatakan kesiapan Iran untuk meningkatkan hubungan bilateral di bidang ekonomi dan bernegosiasi atas berbagai isu berdasarkan kepentingan bersama.

Sementara itu Ashton mengatakan bahwa dirinya membawa pesan positif dari 28 negara Uni Eropa dan kunjungan kali ini menjadi kesempatan pertama untuk berbicara dengan para pemimpin Iran di segala bidang, tidak hanya masalah nuklir Iran. Kunjungan tersebut, sebut Ashton, juga menjadi awal dari peningkatan hubungan antara Iran dan Uni Eropa.

Ashton menekankan bahwa Uni Eropa sangat memahami pentingnya peran Iran dalam dinamika di kawasan.

Selain dengan Rouhani, Ashton dan delegasi yang dipimpinnya juga terlibat pertemuan dengan pejabat-pejabat tinggi Iran lainnya seperti Menlu Mohammad Javad Zarif, Ketua Parlemen Ali Larijani, penasihat utama pemimpin tertinggi Iran Ali Akbar Velayati, Ketua Dewan Keamanan Nasional Ali Shamkhani dan mantan pejabat keamanan senior Saeed Jalili.

Kunjungan Ashton merupakan balasan dari undangan yang disampaikan Menlu Iran bulan Januari lalu.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*