roket progress2Vladivostok, LiputanIslam.com — Badan Ruang Angkasa Rusia Roscosmos mengumumkan, roket M-27M ‘Progress’ yang hilang kendali setelah diluncurkan minggu lalu telah jatuh di Samudra Pasifik tanpa menimbulkan kerusakan.

Roket yang mengangkut 3 ton bahan kebutuhan bagi awak ruang angkasa stasiun luar angkasa internasional ISS itu terbakar saat memasuki atmostif dan hanya bagian-bagian kecil saja yang jatuh ke laut. Roket tersebut diluncurkan tanggal 28 April dari fasilitas peluncuran luar angkasa Rusia di Kazakhstan, namun hilang kendali tidak lama setelah tinggal landas.

Sebagaimana dilansir BBC News hari Jumat (8/5), Roscosmos dinyatakan hancur pada pukul 5.04 Jumat dinihari waktu Moskow.

“Roket tersebut memasuki atmosfir dan jatuh di bagian tengah Samudra Pasifik,” pernyataan Roscosmos.

Roket ‘Progress’ mengangkut makanan dan minuman, air, bahan bakar dan oksigen serta pakaian untuk 6 awak luar angkasa di stasiun ISS yang mengorbit bumi di ketinggian 420 km. Karena kegagalan peluncuran ini, para awak luar angkasa hanya bisa berharap peluncuran selanjutnya yang dilakukan oleh Amerika pada bulan tanggal 19 Juni mendatang, berhasil.

Roket tersebut memang dirancang untuk hancur di atmosfir bumi setelah menjalankan misinya, namun tambahan beban 3 ton angkutan itu membuat sebagian serpihan roket dan angkutan itu masih sempat menyentuh permukaan laut.

Setelah hilang kontak dengan menara pengendali, roket tersebut sedikit demi sedikit turun kembali ke atmosfir dengan melintasi wilauah timur AS, Kolombia, Brazil dan Indonesia.

Sebuah tim penyelidik kini tengah melakukan tugasnya untuk menemukan penyebab terjadinya insiden itu.

Pada tahun 2011 lalu, salah satu roket pendahulu juga mengalami kecelakaan tidak lama setelah lepas landas di Siberia.

Seorang pejabat Roscosmos mengatakan kepada Reuters bahwa insiden tersebut mengakibatkan kerugian senilai 2,59 miliar rubel atau sekitar Rp 650 miliar.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL