Ðàêåòà-íîñèòåëü "Ïðîòîí-Ì" ñ àìåðèêàíñêèì ñïóòíèêîì DirecTV-12 ïåðåä ñòàðòîì ñ êîñìîäðîìà "Áàéêîíóð"Baikonur, LiputanIslam.com — Roket pengangkut satelit Rusia, Proton-M meledak di udara saat berupaya meluncurkan satelit canggih Express-AM4R ke ruang angkasa, Jumat (16/5). Demikian keterangan Roscosmos (badan penerbangan ruang angkasa Rusia).

“Beberapa pecahan kecil dari roket mungkin jatuh ke bumi. Area jatuhnya bagian-bagian itu masih dalam pencarian,” pernyataan badan ruang angkasa Rusia.

Berdasarkan data yang didapatkan, mesin dari roket ketiga mengalami kegagalan pada ketinggian 161 km setelah roket tersebut mengalami penyimpangan jalur peluncuran.

Menurut sumber tersebut, komponen-komponen beracun di bahan bakar roket berada di tingkat ketiga roket Proton-M dan unit mesin roket Briz-M kemungkinan besar terbakar dan meledak di udara bersama seluruh badan roket ketika bergesekan dengan atmosfir.

Satelit Express-AM4R yang merupakan satelit tercanggih Rusia saat ini, telah diasuransikan senilai 2,5 miliar rubel.

Menurut Roscosmos kepada kantor berita Rusia TASS, terjadi penghentian pembakaran roket secara darurat saat pergantian roket kedua dengan roket ketiga, setelah roket meluncur terlalu jauh dari jalur seharusnya.

“Kontak dengan roket terputus, 540 detik setelah peluncuran,” kata pejabat Roscosmos kepada TASS.

Mesin roket tingkat ketiga dari roket Proton dibuat oleh perusahaan pembuat roket Khimavtomatika Design Bureau (KBKhA) yang berbasis di Voronezh.

Roket peluncur satelit Proton-M merupakan roket dengan kekuatan terbesar untuk membawa angkutan pada ketinggian maksimal. Peluncuran ini merupakan peluncuran ketiga roket Proton-M selama tahun 2014.

Otoritas penerbangan Rusia kini tengah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Mengenai reruntuhan roket yang kemungkinan jatuh ke bumi, pihak Roscosmos belum bisa memastikan area jatuhan. Namun diyakini area jatuhan cukup jauh dari pemukiman penduduk.(ca/voice of russia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL