robots-security-robocops-knightscope.siLos Angeles, LiputanIslam.com — Sebuah robot polisi (robocop) yang dilengkapi dengan mikrofon, kamera, skaner laser dan sensor mulai bekerja mengawal kawasan bisnis teknologi informasi Silicon Valley, California, AS.

Robot yang diberi nama “Knightscope K5 Autonomous Data Machines” diproduksi oleh perusahaan pembuat robot Knightscope, yang terletak di Mountain View, California. Demikian laporan Russia Today, Jumat (21/11).

Robot tersebut diprogram untuk mendeteksi perilaku tidak wajar orang-orang dan memberikan peringatan dini. Robot ini juga dilengkapi dengan sensor panas dan bau udara serta dapat memonitor kualitas udara hingga polutan di atas karpet.

Dengan kameranya, robot tersebut dapat mengingat 300 nomor kendaraan dalam semenit dan memonitor lalu-lintas.

Pembuat robot itu mengatakan bahwa robot semacam itu cocok ditempatkan di mall-mall, kantor-kantor dan kompleks perumahan hingga tempat-tempat terbuka seperti kampus-kampus. Di masa mendatang diperkirakan robot ini juga akan banyak dipakai di stadion-stadion, kasino, kantor penegak hukum, pelabuhan dan bandara.

Perusahaan meyakini kehadiran robot ini bisa mengurangi angka kejahatan hingga 50%.

Dilaporkan sebanyak 5 robot sejenis telah dioperasikan di San Francisco Bay Area. Beberapa robot juga telah dioperasikan di kawasan Silicon Valley.

Robot ini memiliki tinggi 1,5 meter dan berat 136 kilogram. Robot ini beroperasi secara otonom, selain juga bisa diberikan tugas-tugas melalui program khusus.

“Bayangkan seorang teman yang bisa melihat, mendengar, merasakan dan membaui, yang tanpa lelah melakukan pengawasan di perusahaan, perumahan dan kampus Anda, menjaga orang-orang kesayangan Anda, dan tersenyum kepada semua orang yang melintas,” tulis perusahaan di situs resminya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL