komet permukaanBerlin, LiputanIslam.com — Robot pendarat “Philae” berhasil mendeteksi keberadaan molekul-molekul organik di atas permukaan komet 67P. BBC News melaporkan, Selasa (18/11) petang.

“Organisme mengandung karbon” merupakan bentuk awal kehidupan di bumi, dan hal ini mungkin akan bisa menjelaskan keberadaan unsur-unsur kimia pembentuk kehidupan di bumi.

Robot pendarat “Philae” berhasil mendarat di permukaan komet 67P pada tanggal 12 November setelah melakukan perjalanan sejauh 6 miliar kilometer selama 10 tahun. Ini adalah misi pendaratan di atas komet pertama dalam sejarah yang tujuannya mempelajari komet untuk mengetahui pembentukan alam semesta.

Dr Fred Goessmann, pembuat instrumen pendeteksi Cosac yang berfungsi mengetahui komposisi udara dan permukaan komet, mengkonfirmasi penemuan itu kepada  BBC News. Namun ia menambahkan bahwa timnya masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengintrepretasikan penemuan itu.

Para ahli berharap penemuan itu bisa memberikan pemahaman tentang peran komet dalam pembentukan beberapa unsur pembentuk kehidupan di bumi.

Sementara itu instrumen lainnya pada robot “Philae”, berhasil menemukan lapisan debu setebal 10-20 cm di permukaan komet dan lapisan es keras di bawahnya.

Para ahli kini berpacu dengan waktu untuk melakukan penelitian lebih banyak, sebelum batere pada “Philae” habis. Pendaratan yang tidak sesuai rencana mengakibatkan “Philae” tidak bisa mendapatkan sinar matahari yang optimal untuk menghidupkan batere-nya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL