Foto: Detik

Foto: Detik

Bandung, LiputanIslam.com — Kabar gembira untuk warga Bandung! Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah menyepakati pembangunan 15 Apartemen Rakyat kelas menengah ke bawah di Kota Bandung. Menurut dia, apartemen tersebut ditujukan untuk buruh atau karyawan masyarakat menengah ke bawah. Satu unit apartemen berkisar Rp 50 juta hingga Rp 260 juta.

“Jadi, dengan harga yang murah, mereka (buruh) yang penghasilannya hanya Rp 1,5 juta per bulan sudah bisa punya apartemen,” kata pria yang biasa dipanggil Kang Emil ini, di Pendopo Kota Bandung, 3 Desember 2014 seperti dilansir tribunnews.com.

Kang Emil menambahkan, proyek pembangunan 15 Apartemen Rakyat tersebut didanai oleh tiga kelompok pembiayaan. Yang pertama, kata dia, adalah bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan, kemudian yang kedua berasal dari APBN, dan yang ketiga berasal dari lelang partisipasi investor. “Jadi, kalau mau membantu pun harus dilelang,” jelas dia.

Emil mengatakan, proyek pembangunan Apartemen Rakyat tersebut juga telah mendapatkan restu dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Target tahun 2015 ada lima lokasi yang bisa dibangun dengan dukungan dari berbagai pihak, tentunya oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan membantu agar dana BPJS Ketenagakerjaan bisa dipakai untuk investasi perumahan,” tambah dia.

Untuk saat ini, lima Apartemen Rakyat yang didahulukan pembangunannya tengah dirancang oleh arsitek-arsitek Kota Bandung agar desain ke depan setelah ditempati bisa nyaman. “Lokasinya di Rancacili, Tamansari, Nyengseret, Kiara Condong. Satu lagi saya lupa.”

Emil memastikan bahwa proyek tersebut murni untuk menyejahterakan masyarakat kelas bawah dan tidak ada unsur bisnis. “Karena untuk menengah atas sudah disuplai oleh hukum pasar. Kalau menengah ke bawah negara harus menanggung,” ungkapnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL