anti austerityAthena, LiputanIslam.com — Ribuan orang menggelar aksi demonstrasi besar-besaran menolak program “kesederhanaan” atau austerity yang telah banyak memangkas anggaran-anggaran sosial dan kesejahteraan rakyat.

Aksi demonstrasi tidak hanya digelar di ibukota Athena, namun juga di kota-kota besar lainnya di Yunani, hari Minggu (15/2). Demikian seperti dilansir Press TV, Senin (16/2).

Menurut para demonstran, langkah program “penyederhanaan” yang dilakukan pemerintah atas desakan lembaga-lembaga donor internasional telah banyak menimbulkan kesengsaraan, termasuk hengkangnya generasi muda ke luar negeri karena tidak adanya lapangan kerja yang tersedia.

Kota-kota lain yang menggelar aksi tersebut di antaranya adalah Thessaloniki, Patras dan Volos sebagaimana kota aksi serupa yang digelar di Pulau Krete.

Sebelumnya sejumlah aksi demo serupa telah digelar di berbagai kota di Yunani beberapa waktu terakhir menjelang pertemuan menteri-menteri keuangan Uni Eropa hari Senin (16/2) untuk membahas penyelesaian hutang Yunani.

Pada tanggal 13 Februari Yunani dan beberapa kelompok donor internasional mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah penyelesaian hutang Yunani. Sejak masa kampanye lalu, pemerintah Yunani telah berikrar tidak lagi akan mengikuti skema keuangan yang disusun lembaga-lembaga donor, termasuk mengakhiri program “penyederhanaan” dan penghentian hutang luar negeri.

Untuk mengatasi krisis keuangan tahun 2010 lalu pemerintah Yunani mendapatkan pinjaman sebesar $270 miliar dengan beberapa syarat pembayaran yang memberatkan rakyat Yunani, termasuk dengan program austerity dimana pemerintah harus memotong dana-dana tunjangan sosial, pada saat yang sama pemerintah meningkatkan beban pajak kepada rakyatnya demi untuk membayar cicilan hutangnya.

Lembaga-lembaga donor Yunani yang terlibat dalam skenario pemberian pinjaman itu adalah Uni Eropa, IMF dan Bank Sentral Eropa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL