demo anti-kataloniaBarcelona, LiputanIslam.com — Ribuan warga Spanyol menggelar aksi demonstrasi menolak pemisahan wilayah Katalonia dari Spanyol, Ahad kemarin (31/1) di ibukota Katalonia, Barcelona.

Demonstran mengibar-kibarkan bendera Spanyol, Katalonia dan Uni Eropa dan menyerukan kelompok-kelompok yang memperjuangkan pemisahan Katalonia untuk menghentikan upayanya. Mereka berpendapat pemisahan hanya akan merugikan semua warga Spanyol. Demikian seperti dilaporkan Press TV.

Pimpinan organisasi anti-kemerdekaan Catalan Civil Society Organization, Rafael Arenas, yang berpidato di hadapan para demonstran menuduh para penggiat pemisahan tengah ‘mencoba merampok Spanyol dengan janji-janji surga kepada pendukung-pendukungnya’.

Pada bulan November 2015 lalu parlemen Katalonia menyetujui pemisahan Katalonia dari Spanyol pada tahun 2017 mendatang. Banyak warga Katalonia yang menganggap pemisahan akan membawa mereka lebih sejahtera daripada terus bergabung dengan Spanyol. Katalonia adalah wilayah yang paling banyak menyumbang perekonomian Spanyol.

Namun pemerintah dan Mahkamah Agung Spanyol menolak upaya pemisahan tersebut, menganggapnya sebagai tindakan ilegal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL