shiah nigeria2Abuja, LiputanIslam.com — Ribuan orang Shiah dan warga negara Nigeria lainnya, hari Kamis (24/12) melakukan aksi protes besar-besar di sejumlah kota menentang aksi keji militer negara itu terhadap orang-orang Shiah dan penangkapan pemuka Shiah Sheikh Ibrahim Zakzaky.

Para demonstran turun ke jalanan di kota-kota Kano, Katsina dan Sokoto di utara negara itu memprotes aksi keji tersebut. Acara itu juga digunakan sebagai peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Demikian seperti dilaporkan Press TV.

Abdulhamid Bello, pemimpin aksi demonstrasi yang digelar di Kano, mengatakan bahwa para demonstran berduka cita atas tewasnya sekitar 1.000 pengikut Shia oleh serangan militer di kota Zaria, 12 hingga 14 Desember lalu. Militer juga menangkap pemimpin Shiah terkemuka Ibrahim Zakzaky.

Militer beralasan para pengikut Zakzaky sengaja memblokir jalan dan berusaha membunuh pemimpin militer yang tengah berkonvoi. Namun tuduhan ini dibantah mentah-mentah oleh para pengikut Zakzaky. Lembaga pengamat HAM internasional, Human Rights Watch, juga menolak tuduhan militer Nigeria.

“Nyaris mustahil bahwa pemblokiran jalan menjadi alasan untuk membunuh ratusan orang,” kata Direktur Human Right Watch untuk wilayah Afrika, Daniel Bekele, seperti dilaporkan Press TV, Jumat (25/12).

“Setidaknya ini adalah tindakan brutal yang berlebiha, namun yang paling buruk adalah kalau tindakan ini adalah aksi terencana yang ditujukan kepada kelompok minoritas,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL