candle vigilKopenhagen, LiputanIslam.com — Ribuan orang melakukan pawai lilin di sejumlah kota di Denmark, Senin (16/2) petang, untuk memberi penghormatan bagi korban penembakan akhir pekan lalu di ibukota Kopenhagen. Dalam peristiwa itu dua orang tewas dan 5 polisi terluka akibat serangan dalam sebuan acara debat publik yang digelar di sebuah sinagog di sebuah kompleks pusat kebudayaan.

Polisi telah menembak mati pelaku serangan, namun diduga ia melakukan aksinya sendiri dan tidak terkait dengan jaringan teror apapun, demikian pernyataan Perdana Menteri Helle Thorning-Schmidt.

Sebelum pawai tersebut digelar, pada hari Senin (16/2), dua orang ditangkap dan dituduh telah menyediakan senjata bagi pelaku penembakan dan berusaha menyembunyikannya. Demikian BBC News melansir, Selasa (17/2).

Ratusan karangan bunga tertumpuk di depan pusat kebudayaan Krudttonden di Copenhagen yang menjadi tempat kejadian perkaran, Senin (16/2). Sementara kantor-kantor pemerintah memasang bendera setengah tiang untuk menghormati para korban kekerasan.

Pawai lilin dimulai setelah senja turun, ribuan orang serentak menyalakan lilin di tangannya dan berkumpul di lapangan di dekat pusat kebudayaan tersebut. Polisi mengklaim jumlah peserta mencapai 30.000 orang.

PM Helle Thorning-Schmidt berpidato di depan para peserta aksi tersebut dengan menyebutkan bahwa serangan tersebut merupakan “serangan terhadap seluruh rakyat Denmark”. Ia juga menekankah tekadnya untuk menjaga “nilai-nilai” Denmark.

Sebelumnya dalam konperensi pers, Schmidt mengatakan bahwa pelaku penembakan adalah warga kelahiran Denmark berusia 22 tahun, meski sejumlah media menyebutkannya sebagai laki-laki pendatang Muslim.

“Ia telah dikenal oleh polisi dengan tindakan-tindakan kejahatannya, termasuk tindakan kekerasan, dan ia dikenal sebagai anggota kelompok kejahatan di Kopenhagen,” kata Schmidt.

“Namun saya ingin mengatakan dengan jelas bahwa kami tidak memiliki indikasi bahwa ia terlibat dalam jaringan teroris,” tambahnya.

Sementara itu 2 tersangka yang terlibat dalam aksi tersebut telah ditahan polisi dan tengah menjalani interogasi. Pengacara salah seorang tersangka itu menyebutkan bahwa kliennya menolak tuduhan terhadap dirinya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL