sanator zionis asWashington DC, LiputanIslam.com — Lebih dari 170.000 warga AS menandatangani petisi mengecam senator yahudi AS Charles Schumer yang menyatakan penolakannya atas perjanjian nuklir Iran yang ditandatangani AS dan negara-negara P5+1 dan Iran bulan lalu.

Pada hari Kamis (6/8) Senator Schumer dari New York mengumumkan bahwa ia akan menolak (dalam pemungutan suara di Congress) kesepakatan tentang program nuklir Iran.

“Tidak ada ma’af bagi setiap senator Partai Demokrat untuk menentang kesepakatan itu, tidak terkecuali Senator Schumer, yang menjadi kandidat ketua faksi Demokrat setelah mundurnya Senator Harry Reid,” demikian pernyataan CREDO Action yang menggagas petisi penolakan itu, hari Sabtu (8/8).

Menyebut dirinya sebagai ‘organisasi perubahan sosial yang mendukung aktifitas dan pendanaan organisasi-organisasi non-profit yang progresif. Organisasi ini mentargetkan untuk mendapatkan 200.000 penandatangan petisi. Demikian Press TV melaporkan, Selasa (11/8).

“Chuck Schumer bersalah saat mendukung perang Irak, dan kini ia bersalah atas (masalah) Iran,” tambah pernyataan itu.

CREDO menyebut langkah Schumer untuk mendukung sejumlah senator Partai Republik menolak kesepakatan nuklir Iran menunjukkan ia tidak pantas untuk memimpin faksi Demokrat di badan legislatif AS (Congress). Partai Demokrat adalah pendukung pemerintahan Presiden Barack Obama.

Congress AS yang didominasi oleh Partai Republik akan menggelar pemungutan suara tentang kesepakatan nuklir Iran yang ditandatangani AS, bulan depan. Namun sejumlah senator, terutama dari Partai Republik, telah menyatakan secara terbuka penolakannya terhadap kesepakatan itu.

Untuk membatalkan kesepakatan itu, Congress membutuhkan setidaknya 2/3 suara dan itu hanya bisa diperoleh dengan dukungan sejumlah besar senator dari Partai Demokrat, selain Partai Republik.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL