senator asWashington DC, LiputanIslam.com — Puluhan ribu warga AS menandatangani petisi menuntut agar 47 senator anti-Iran didakwa atas tuduhan tindakan pengkhianatan.

Kantor berita Iran Press TV melaporkan, Kamis (12/3), lebih dari 155 ribu orang telah menandatangani petisi tuntutan dakwaan terhadap 47 senator yang telah mengirim surat terbuka untuk Iran, yang dianggap sebagai tindakan pengkhianatan atas upaya pemerintah AS untuk meraih kesepakatan damai tentang program nuklir Iran.

Pada hari Senin (9/3) ke-47 senator dari Partai Republik itu membuat surat terbuka untuk Iran, menyebut bahwa setiap kesepakatan tentang program nuklir Iran harus disetujui Congress dan tidak lagi mengikat setelah Presiden Obama turun dari jabatannya.

Pemerintah AS mengatakan akan merespon petisi tersebut jika jumlah penandatangannya mencapai 100 ribu orang. Ternyata sampai hari Rabu kemarin, jumlahnya telah mencapai lebih dari 155 ribu.

Selain bisa menjadi dasar bagi langkah hukum untuk mendakwa lawan-lawan politiknya, petisi tersebut menjadi amunisi baru bagi pemerintahan Barack Obama untuk melawan upaya Israel dan para politisi anti-Iran yang menolak perdamaian dengan Iran.

Saat ini AS tengah terlibat dalam perundingan program nuklir Iran antara Iran dengan negara-negara P5+1 (AS, Perancis, Inggris, Rusia, Cina dan Jerman). Perundingan ini telah sampai pada tahap akhir dan diharapkan akan selesai pertengahan tahun ini.

Konstitusi AS melarang warga negara AS untuk campur tangan dalam urusan kebijakan luar negeri yang dilakukan pemerintah. Dalam wawancara dengan Press TV hari Rabu (11/3), polisisi dan mantan kandidat senator AS Mark Dankof, mengatakan:

“Ke-47 senator Partai Republik itu dalam segala hal telah melanggar Logan Act, yang jika difahami memberikan alasan kuat untuk mendakwa para senator itu dengan dakwaan pengkhianatan.”

Pada hari Selasa (10/3), koran New York Daily News menyebut para senator itu sebagai “pengkhianat” dalam berita utamanya di halaman depan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*