polisi koreaSeoul, LiputanIslam.com — Ribuan polisi Korea Selatan menyerbu markas kelompok agama “Evangelical Baptist Church of Korea”, untuk mencari bos feri “Sewol”, Kamis (12/6). Ini merupakan penyerbuan besar-besaran kedua dalam upaya menemukan bos pemilik kapal feri Sewol, Yoo Byung-Eun.

Dalam tayangan televisi diperlihatkan polisi menyerbu kompleks pertanian serta gereja di Anseong, 80 kilometer dari Seoul. Ribuan polisi dilibatkan dalam operasi pencarian besar-besaran itu. Yoo (72 tahun) merupakan pendiri aliran Evangelical Baptist Church of Korea. Sampai saat ini keberadaan milyarder misterius karena jarangnya menampakkan diri di hadapan publik itu masih belum diketahui.

Dia diyakini sempat tinggal di markas kelompok tersebut. Sekitar 6 ribu polisi yang menyerbu markas tersebut menahan lima penganut aliran itu pada aksi penyerbuan pertama karena ikut membantu persembunyian Yoo.

Aparat hukum sudah mengirim surat panggilan kepada Yoo untuk diperiksa dalam kasus karamnya kapal feri Sewol. Namun Yoo tidak pernah memenuhi panggilan tersebut selain mengeluarkan bantahan keterlibatan melalui pengacaranya.

Yoo merupakan kepala keluarga di balik perusahaan Chinghaeijin Marine Co, yang mengoperasikan feri Sewol dengan berat 6.825 ton. Kapal itu tenggelam pada 16 April lalu dan menewaskan 300 penumpangnya. Musibah itu terjadi karena kapal diduga kelebihan beban serta keteledoran penempatan karbo yang membuat keseimbangan kapal terganggu.

Yoo ingin dimintai keterangan terkait dugaan kelalaian yang dilakukan oleh pihak perusahaan sehingga menyebabkan kapal tersebut karam. Pihak penyelidik menduga ada aturan keselamatan yang dilanggar sehingga kapal feri tersebut karam.

Yoo memang tidak ada kaitan langsung dengan perusahaan Chonghaejin, tetapi anak-anaknya dan juga sahabat dekatnya mengontrol perusahaan itu melalui sejumlah perusahaan induk. Aparat keamanan juga sudah memberikan iming-iming hadiah sebesar 500 ribu dolar Amerika kepada siapa saja yang bisa memberikan informasi terkait keberadaan Yoo. Media-media massa Korea juga telah merilis gambar wajah terakhirnya serta kemungkinan perubahan wajahnya dalam penyamaran.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL