polisi new york2New York, LiputanIslam.com — Ribuan polisi dari berbagai penjuru AS dan Kanada menghadiri pemakaman Rafael Ramos, seorang dari 2 polisi New York yang tewas ditembak saat bertugas minggu lalu.

Upacara pemakaman yang digelar di Gereja Christ Tabernacle di kawasan Queens, Sabtu (27/12) waktu setempat itu dihadiri Wapres Joe Biden dan para pejabat setempat. Biden memuji kepolisian New York sebagai “kepolisian terbaik di dunia”, namun para polisi sempat mengolok-olok Walikota Bill de Blasio yang dianggap tidak menunjukkan simpati atas peristiwa penembakan Ramos. Demikian BBC News melaporkan.

Ramos dan rekannya, Wenjian Liu ditembak saat bertugas patroli di kawasan Brooklyn, New York, tanggal 20 Desember lalu. Penembak keduanya yang kemudian diidentifikasi sebagai Ismaaiyl Brinsley, ditemukan tewas bunuh diri setelah melakukan penembakan. Ia dikenal sebagai pribadi yang labil dan telah terlibat beberapa aksi kejahatan.

Sementara itu untuk pemakaman Liu masih harus menunggu kerabatnya dari Cina dan negara-negara lain.

Dalam upacara itu Komisaris Polisi Bill Bratton mengumumkan kedua polisi tersebut sebagai “pahlawan” dan menaikkan pangkat keduanya menjadi detektif.

“Saya percaya bahwa satuan kepolisian di kota yang sangat diversif ini bisa menunjukkan kepada seluruh negara tentang bagaimana menjembatani perbedaan,” kata Biden dalam pidatonya.

“Kalian telah melakukannya dan akan melakukannya lagi,” tambah Biden.

Gobernur New York, Andrew Cuomo memuji para polisi yang tetap menjalankan tugasnya dengan tegar di tengah-tengah aksi demonstrasi menentang polisi menyusul terjadinya beberapa peristiwa kekerasan oleh polisi, termasuk insiden di Ferguson.

Namun ketika Walikota New York Bill de Blasio berpidato, ribuan polisi membalikkan punggungnya. Peristiwa yang sama telah dialami oleh Bill ketika ia mengunjungi jenasah kedua polisi di rumah sakit tanggal 20 Desember lalu.

Bill diketahui telah mengikuti aksi demonstrasi mengecam aksi-aksi kekerasan oleh polisi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL