ali2Louisville, LiputanIslam.com–Ribuan orang berkumpul di Louisville, Kentucky, untuk menghadiri pemakaman petinju legenda dunia, Muhammad Ali.

Mobil jenazah berjalan membawa jenazah Ali melewati berbagai tempat penting seperti kampung halamannya di West End, sebuah daerah khusus orang Afrika-Amerika, dan the Muhammad Ali Center, sebuah museum yang berlokasi di pusat kota.

Ribuan orang kemudian memenuhi KFCYum Center untuk upacara pelepasan yang juga diisi oleh pidato kematian oleh mantan presiden AS, Bill Clinton dan komedian Billy Crystal.

Ali masuk Islam di tahun 1960 ketika ia berumur 18 tahun. Seminggu yang lalu, di umurnya yang ke 74, ia meninggal sebagai tokoh yang dihormati di Amerika Serikat.

Ali adalah atlet yang paling sering disanjung di abad ke-20. Ia kehilangan tiga tahun karir tinjunya karena menolak wajib militer di perang Vietnam.Karena perjuangan gigihnya atas kemanusiaan dan pembelaan terhadap kaum Muslim, ia mempunyai jutaan penggemar dari seluruh dunia. Dia telah menjadi panutan untuk orang Afrika-Amerika, juga Muslim Amerika.

Sebagai salah satu petinju kelas berat terhebat sepanjang masa, Ali terkenal dengan gaya tinjunya yang tidak biasa, yaitu refleksnya yang cepat dan gerakan konstan di depan lawan.

Di tahun 1967, Ali menolak mengikuti wajib militer AS dengan alasan menolak keterlibatan AS di perang Vietnam. Titel juaranya langsung dicabut setelah itu.

Ali memperjuangkan isu kemanusiaan sama gigihnya dengan di ring tinju, sehingga ia pun menjadi ikon aktivis kemanusiaan di abad ke-20. (ra/presstv.ir)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL