peringatan hiroshimaTokyo, LiputanIslam.com — Ribuan lentera akan diapungkan di Sungai Motoyasu dalam peringatan ke 70 tahun pemboman kota Hiroshima oleh pesawat pembom AS dalam Perang Dunia II. Sementara itu sebuah upacara akan digelar di Taman Peringatan Hiroshima dengan dipimpin oleh Perdana Menteri PM Shinzo Abe.

Pemboman dengan bom atom atas kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan kota Nagasaki tiga tahun kemudian memaksa Jepang yang sudah terdesak dalam perang untuk menyerah, sekaligus mengakhiri Perang Dunia II setelah sebelumnya Jerman menyerah terlebih dahulu.

Pemboman di Hiroshima menelan nyawa setidaknya 140.000 penduduk kota itu, setelah pesawat pembom B-29 AS bernama ‘Enola Gay’ menjatuhkan bom atom yang meledak di ketinggian 600 meter dari permukaan tanah.

Peringatan di Hiroshima telah dimulai pada hari Rabu (5/8) dengan sebuah prosesi oleh para pendeta Budha dan penduduk lokal. Anak-anak berkumpul di sekitar sebuah monumen ‘Atomic Bomb Dome’ yang berupa struktur bangunan yang tersisa di dekat pusat ledakan. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Rabu (5/8).

Dalam peringatan pada hari Kamis (6/8), PM Shinzo Abe dan Walikota Hiroshima Mayor Kazumi Matusi akan bergabung bersama Dubes AS Caroline Kennedy. Pada akhir upacara dibacakan deklarasi perdamaian dan pelepasan burung dara, sebelum ribuan lentera diapungkan di Sungai Motoyasu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL