Earns McDonaldsMoskow, LiputanIslam.com — Penjualan gerai makanan cepat saji McDonald secara global mengalami kemerosotan, meski harganya relatif lebih rendah dibanding harga makanan-makanan cepat saji lainnya. Diduga kuat hal ini disebabkan oleh kesadaran kesehatan publik global yang semakin tinggi.

Sebagaimana dilaporkan RIA Novosti akhir pekan lalu dengan mengutip laporan beberapa media barat, penjualan McDonald’s anjlok 30 secara global. Namun meski penjualannya menurun di Rusia, Jerman dan Cina karena skandal daging kualitas rendah, faktor utama kemerosotan penjualan itu adalah tingkat penjualan yang rendah di AS sendiri.

Sebelumnya para ahli memperkirakan penurunan penjualan McDonald’s di AS disebabkan oleh merosotnya perekonomian yang mengakibatkan masyarakat berpenghasilan rendah tidak lagi memiliki kemampuan untuk mengkonsumsi McDonald’s.

Namun hal itu merupakan kesimpulan yang bias, mengingat bahwa tingkat harga McDonald’s relatif lebih rendah dibanding produk-produk makanan cepat saji lainnya. Antara tahun 2009 hingga 2014 produk-produk McDonald’s hanya mengalami kenaikan harga sekitar 4,8%, sementara produk-produk lain meningkat antara 6,7% sampai 16,9%. Demikian laporan Kantor Biro Statistik Perburuhan AS sebagaimana dilaporkan Huffington Post.

Ironisnya, meski produk-produk lain mengalami kenaikan harga yang lebih tinggi, tingkat penjualannya justru lebih tinggi dibandingkan McDonald’s. Maka bisa disimpulkan bahwa penyebab kemerosotan itu adalah karena reputasi McDonal’s yang merosot.

“Ada persepsi umum yang menganggap makanan McDonald’s tidak berharga untuk dikonsumsi pada tingkat harga berapapun,” tulis Huffington Post sebagaimana dikutip RIA.

McDonald’s kini tengah mencoba membentuk citra baru sebagai produk makanan cepat saji yang “segar” dan “berkualitas baik” dengan melancarkan kampanye “transparency initiatives”, seperti meminta pendapat pelanggan tentang kualitas produk McDonald’s.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL