Michael Lynk

New York, LiputanIslam.com–Reporter Spesial PBB untuk kondisi HAM di Palestina, Michael Lynk, menjelaskan penjajahan Israel sebagai penjajahan “paling ganas” di dunia. Sebab, menurut Lynk, Israel melakukan penindasan hak dan praktek diskriminatif atas hampir lima juta orang di Palestina.

Lynk mengajukan laporannya kepada Komisi Dewan HAM PBB dalam sesi sidang mengenai Israel. AS dan Israel sendiri memboikot sesi tersebut karena berisi kritikan mengenai pemukiman Israel di Palestina, blokade Gaza dan kekerasan terhadap penduduk Palestina.

Dewan Keamanan PBB berkali-kali membuat sesi yang membicarakan ketegangan di kawasan seperti Suriah dan Korea Utara. Namun, Israel adalah satu-satunya negara yang memiliki sesi agenda secara terpisah yang berisi banyak laporan penyelewengan HAM.

Juru bicara AS, Mark Toner, menyatakan bahwa sesi diskusi pada hari Senin (20/03/2017) lalu merupakan peringatan mengenai ketidakberpihakan PBB dengan Israel.

“Adanya tema pembicaraan seperti itu dalam agenda adalah ancaman terbesar atas kredibilitas Dewan Keamanan,” kata Toner. (ra/middleastmonitor)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL