anggur termahal jepangTokyo, LiputanIslam.com — Jepang memecahkan rekor penjualan buah anggur termahal di dunia dengan harga 1 juta yen atau sekitar Rp 100 juta untuk satu tangkai buah anggur.

Rekor tersebut dipecahkan dalam sebuah lelang di ibukota provinsi Ishikawa, Kanazawa, sekitar 300 km barat-daya Tokyo, dimana Chef Masayuki Hirai menawar setangkai anggur Ruby Roman seharga 1 juta yen. Ini berarti memecahkan rekor pembelian buah anggur sebelumnya di tempat yang sama tahun lalu seharga 550.000 yen.

Pejabat Koperasi Pertanian Jepang di Ishikawa mengatakan bahwa tangai anggur tersebut berisi 26 buah anggur masing-masing memiliki berat 20 gram sebesar bola pingpong. Ini berarti tiap buah berharga 38.000 yen atau lebih dari Rp 4 juta.

Masayuki yang merupakan kepala chef Hotel Nikko di Kanazawa, mengatkan ia ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kota Ishikawa memiliki buah anggur yang menarik sehingga turis mau datang ke sana. Apalagi setelah kota tersebut kini telah dihubungkan dengan kereta api cepat.

Ia menyebut buah itu akan menjadi hidangan di restorannya dalam beberapa hari ke depan.

“Dengan dibukanya jalur kereta api cepat (Shinkansen) Hokuriku, saya katakan akan memenangkan lelang ini dengan harga berapapun,” katanya seperti dilansir Press TV, Jumat (10/7).

Jepang terkenal dengan apresiasi warganya yang tinggi terhadap makanan. Sebelumnya di tahun ini juga seseorang membeli sepasang buah melon Yubari dari Hokkaido seharga 1,5 juta yen atau sekitar Rp 150 juta. Rakyat Jepang suka memberikan bingkisan berupa makanan mahal.

Pada tahun 2013 seekor ikan tuna biru seberat 222 kg terjual seharga $1,8 juta, atau lebih dari Rp 20 miliar di pasar Tsukiji, Tokyo.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL