kapal perang natoKiev, LiputanIslam.com — Jumlah kapal perang NATO di Laut Hitam mencapai 9 unit. Ini adalah jumlah kapal perang NATO di Laut Hitam yang tertinggi yang pernah tercatat.

Menurut keterangan sumber militer Rusia kepada RIA Novosti, Selasa (8/7), jumlah sebanyak itu setelah kapal jelajah AS USS Vella Gulf merapat di Burgas hari Selasa, menyusul kedatangan kapal frigat Perancis Surcouf tanggal 4 Juli.

Kedatangan kedua kapal perang itu menambah jumlah kapal perang NATO di kawasan Laut Hitam menjadi 9 unit. Sebelumnya di kawasan tersebut telah terdapat 7 kapal perang lainnya, di antaranya 2 kapal pengamat Perancis dan 2 kapal Italia Dupuy de Lome dan Elettra.

Sementara itu latihan militer Breeze-2014 tengah berlangsung di lepas pantai Bulgaria, dimana terdapat sekelompok kapal dari satuan Standing NATO Mine Countermeasures Group 2 (SNMCMG2). Kelompok kapal perang ini dipimpin oleh kepal Italia ITS Aviere.

Kapal penyapu ranjau Italia dan Turkish, masing-masing ITS Rimini dan TCG Akcay juga berpartisipasi dalam latihan itu bersama kapal penyapu ranjau Inggris HMS Chiddingfold dan korvet Yunani Macitis.

“Kami tidak pernah melihat kapal sebanyak itu sejak masih di bawah Uni Sovyet,” kata sumber tersebut.

Pada tanggal 4 Juli lalu Armada Laut Hitam Rusia yang berpangkalan di Krimea menggelar latihan perang yang melibatkan 20 kapal perang dan kapal pembantu. Sumber kemenhan Rusia mengatakan kepada RIA Novosti bahwa kapal-kapal dan pesawat Rusia memantau kegiatan kapal-kapal NATO tersebut.

Berdasar Konvensi Montreux yang mengatur keberadaan kapal-kapal perang asing di Laut Hitam, setiap kapal perang asing (negara yang tidak memiliki akses langsung dengan Laut Hitam), hanya boleh tinggal di kawasan Laut Hitam selama 3 minggu.

Kapal frigat AS USS Taylor melanggar aturan ini awal tahun lalu, dengan tinggal lebih lama 11 hari di Laut Hitam.

Di tengah krisis Ukraina yang terus memanas, kedatangan tiap kapal perang NATO di Laut Hitam selalu menjadi perhatian serius, khususnya bagi Rusia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL