Washington, LiputanIslam.com–Sebuah rekaman wawancara Clinton pada tahun 2006 yang disimpan lama oleh penulis Jewish Press, Eli Chomsky, akhirnya diperdengarkan kepada situs berita the Observer. Isi rekaman 45 menit itu berisi Clinton yang berbicara mencemaskan hasil pemilu Dewan Legislatif Palestina di mana Hamas menang dengan 74 kursi, sementara pihak Fatah yang didukung AS mendapat 45 kursi.

“Saya tidak berpikir kita harus mendorong adanya pemilihan di Palestina. Saya pikir itu adalah kesalahan besar,” kata Clinton. “Dan kalau kita mau mendorong adanya pemilihan, kita harus yakin kita melakukan sesautu untuk memastikan siapa yang menang.”

Chomsky mengatakan kepada Observer bahwa “Semua orang sepakat bahwa AS pasti bermain dalam pemilu negara-negara asing.”

“Lalu, ketika Anda tahu, Hamas, mengirim para teroris, Anda tahu, melalui terowongan menuju Israel dan membunuh, Anda tahu, menculik tentara Israel muda, Anda tahu, ada perasaan seperti one-upsmanship… dan jika mereka menangkap seorang tentara, maka kita harus menangkap seorang tentara [mereka],” kata Clinton.

Berbicara tentang terorisme, Clinton mengatakan, “Saya pikir Anda bisa menyelidiki hal yang menyangkut ‘Islamic terrorism’ atau ‘Islamo-fascism,’ apapun label yang akan kita buat terhadap fenomena ini, hal ini adalah ancaman. Ini adalah sebuah ancaman global. Untuk Eropa, Israel, untuk Amerika… Maka kita butuh melakukan respon global.”

Eli Chomsky mengatakan kepada Observer bahwa dalam wawancara di rekaman itu, Clinton melontarkan komentar-komentar yang aneh dan kontroversial.

“Saya menemui bos saya pada saat itu,” kata Chomsky. “Jewish Press punya prinsip untuk tidak melontarkan penyataan menghina kepada siapapun—bahkan mengutip kalimat dari seseorang yang berada dalam posisi mempengaruhi… Bos saya berpikir wawancara itu tidak bagus untuk dijadikan berita. Saya meyakinkan diri saya [bahwa wawancara itu penting], dan [akhirnya] saya menyimpannya selama bertahun-tahun.” (ra/observer)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL