reaktor ukrainaKiev, LiputanIslam.com — Sebuah kebocoran radioaktif terdeteksi terjadi di reaktor nuklir Zaporozhye di Ukraina yang merupakan salah satu reaktor nuklir terbesar di Eropa. Namun pejabat Ukraina membantah kabar tersebut.

Sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (31/12), dengan mengutip laporan LifeNews, keterangan tentang kebocoran itu diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Ukraine. Informasi ini sekaligus membantah keterangan pemerintah yang menyebut bahwa tingkat radiasi di lokasi reaktor itu berada pada tingkat wajar, menyusul laporan terjadinya sebuah insiden pada hari Minggu (28/12).

“Fasilitas ini berjalan normal, tidak ada insiden apapun di sini,” kata pejabat kementrian energi kepada wartawan, Senin (29/12).

Dua dokumen yang dirilis LifeNews menunjukkan bahwa pemerintah telah sengaja menyembunyikan informasi. Dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa tingkat radioaktif di reaktor itu pada hari Minggu dan Senin mencapai 16,3 dan 16,8 kali lebih tinggi dari batas normal. Sementara itu unit ke 6 dari reaktor itu masih belum berfungsi, menyanggah laporan pemerintah tersebut di atas.

Pada hari Minggu (28/12) diketahui unit ke-6 reaktor berhenti secara otomatis setelah terjadi sebuah kesalahan. Hal ini adalah peristiwa kedua dalam beberapa minggu terakhir. Reaktor ini pun bekerja pada tingkat 40% dari kapasitas normalnya, sementara tingkat radio aktifnya adalah 8-12 microroentgens per-jam, dan kemudian kesalahan ini berhasil diperbaiki. Demikian keterangan resmi pemerintah.

Pada tanggal 28 November lalu, Perdana Menteri Arseny Yatsenyuk mengatakan dalam rapat kabinet bahwa unit ke-3 reaktor Zaporozhye telah mengalami penutupan operasi selama hampir seminggu akibat terjadi kesalahan teknis.

Reaktor nuklir Zaporozhye adalah salah satu dari 4 reaktor nuklir yang berada di Ukraina dan menjadi salah satu sumber energi utama negara itu. Ini adalah reaktor nuklir terbesar di Eropa dan ke-5 terbesar di dunia, menyuplai hampir seperempat kebutuhan energi Ukraina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL