Kau yang Berasal dari Bintang-1Jakarta, LiputanIslam.com — Stasiun televisi Korea Selatan, SBS dikabarkan akan mengajukan gugatan hukum terhadap RCTI lantaran tuduhan plagiatisme. Penyebabnya, tayangan sinetron ‘Kau yang Berasal dari Bintang’ dianggap menjiplak 100 persen drama Korea populer ‘Man from the Stars’ yang ditayangkan SBS.

“Drama itu belum mendapatkan izin kami. Itu bisa dibilang versi jiplakan drama kami,” kata perwakilan SBS seperti ditulis di media Korea Soompi, Rabu (30/4).

Sinetron ‘Kau Yang Berasal Dari Bintang’ ini dibintangi oleh Nikita Willy dan Morgan eks anggota boyband Smash. Soompi menuliskan, sinetron ‘Kau Yang Berasal Dari Bintang’ ini  baik lokasi maupun alur cerita memiliki kesamaan dengan ‘Man from the Stars’. Sinetron ini tayang perdana di RCTI pada 28 April 2014.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan rumah produksi di Indonesia tentang hak penerbitan sinetron itu, tapi drama ini sudah mulai ditayangkan . Kami sedang mencari cara untuk mengambil tindakan hukum terhadap drama itu,” kata perwakilan SBS itu melanjutkan.

“Man from the Stars” dibintangi oleh dua bintang top Korea, Kim Soo-hyun dan Jun Ji-hyun. Drama ‘Man from the Stars’ ini juga memiliki nama lain You Came from the Stars / My Lover from The Stars / You from Another Star / My Love from Another Star.

‘Man from the Stars’ menceritakan tentang alien yang datang ke bumi pada 1609 pada era dinasti Joseon. Ia hidup selama 400 tahun. Tiga bulan sebelum masa ia harus kembali ke planet asalnya, ia jatuh cinta dengan bintang top Korea Selatan.

Drama ini mulai tayang di SBS pada 18 Desember 2013 dan berakhir 27 Februari 2014. Semula, drama ini tayang 20 episode. Namun, lantaran drama ini paling banyak ditonton pada saat itu dan mendapatkan rating 27 persen, produser menambah satu episode lagi.

Peminat drama ini meluas hingga seluruh Asia termasuk Indonesia. Akibatnya, popularitas Kim Soo-hyun makin meningkat. Semula, Soo-hyun berencana datang ke Jakarta pada 25 April lalu. Namun karena tragedi kapal feri  Sewol yang menewaskan ratusan pelajar Korea itu, lawatannya ke sejumlah negara di Asia diundur.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*