Virginia, LiputanIslam.com—Ratusan warga Amerika di Charlottesville, Virginia, menggelar aksi lilin untuk memperingati kematian seorang perempuan muda yang dihantam mobil kelompok supremasi kulit putih.

Acara ini digelar di Universitas Virginia pada Rabu (16/8/17) malam, lima hari setelah insiden bentrokan antara nasionalis kulit putih dan kelompok anti-rasisme di lokasi yang sama.

Bentrokan tersebut memakan korban setelah seorang terduga simpatisan Nazi berumur 20 tahun menabrakkan mobil ke kelompok anti-rasisme, yang kemudian menewaskan wanita berumur 32 tahun bernama Heather Heyer dan melukai 20 lainnya.

Dengan membawa lilin dan berjalan bersama di dalam kampus, kumpulan warga ini melangsungkan momen mengheningkan cipta bagi Heyer dan dua pasukan keamanan  Virginia yang tewas setelah helikopter mereka kecelakaan ketika sedang memonitor acara kelompok supremasi kulit putih.

Aksi lilin juga dilakukan di Philadelphia; Akron, Ohio; Nassau County, New York; dan sejumlah kota lainnya.

Aksi ini juga merupakan protes kepada Presiden Donald Trump yang menolak mengakui kejahatan pelaku Charlottesville.

Pada Selasa lalu, Trump menyebut kelompok kanan [supremasi kulit putih] sebagai “orang-orang yang sangan baik,” Ia juga menegaskan bahwa mereka yang memprotes kelompok neo-Nazi itu justru bersalah atas insiden yang terjadi. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL