gempa cinaBeijing, LiputanIslam.com — Ratusan orang dikabarkan tewas akibat gempa bumi hebat yang mengguncang provinsi Yunnan, Cina selatan, Minggu (3/8). Operasi penyelamatan dan pencarian besar-besaran kini tengah dilangsungkan.

Mengutip kantor berita Cina Xinhua, kantor berita BBC melaporkan hingga saat ini setidaknya 367 orang dinyatakan tewas dan 1.300 orang mengalami luka-luka akibat gempa berkekuatan 6,1 SR tersebut. Jumlah korban tersebut kemungkinan besar akan terus bertambah sementara operasi pencarian terus berlangsung.

Sementara itu badan geofisika AS, US Geological Survey, menyebutkan pusat gempa terjadi 11 km sebelah barat laut kota Wenping di Provinsi Yunnan.

Kantor berita nasional Cina CCTV menyebutkan gempa tersebut merupakan yang terbesar melanda Provinsi Yunnan selama 14 tahun terakhir. Pusat gempa berasal di kedalaman 10 km di daerah pegunungan Yunnan. Guncangan juga dirasakan di beberapa provinsi tetangga seperti Guizhou dan Sichuan.

Xinhua melaporkan sekitar 12.000 rumah telah roboh di kota kecil Ludian yang berpenduduk 439.000 orang yang terletak di timur laut ibukota provinsi, Kunming. Namun korban tewas terbesar berasal dari kota kecamatan Qiaojia di kabupaten Zhaotong.

Pemerintah telah mengirim 2.000 tenda, 3.000 tempat tidur darurat, 3.000 jaket, 3.000 selimut dan perlengkapan lainnya ke lokasi bencana.

Cina termasuk negara yang paling sering dilanda gempa bumi. Pada tahun 2008 gempa hebat menewaskan puluhan ribu orang di Sichuan. Sementara pada tahun 1970 15.000 orang dilaporkan tewas akibat gempa di Yunnan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL