gampa pakistan utaraKabul, LiputanIslam.com — Lebih dari 200 orang dipastikan tewas dalam musibah gempa bumi yang melanda wilayah Afghanistan, Pakistan dan India utara, Senin (26/10). Demikian seperti dilaporkan kantor berita Rusia Today Senin petang.

Menurut laporan itu di Pakistan jumlah korban mencapai 228 orang. Sedangkan di Afghanistan jumlahnya mencapai 52 orang. Belum ada laporan korban tewa di India, namun diperkirakan jumlah korban bisa terus bertambah.

“Lima mayat korban gempa dan 65 orang yang cedera telah dibawa ke rumah sakit sejauh ini di Ibu Kota Provinsi Nangarhar, Jalalabad (Afghanistan),” kata Kepala Departemen Kesehatan Provinsi itu Najibullah Kamawal kepada Xinhua seperti dilansir Antara.

“Dua-belas dari sekolah putri Bibi Hajira kehilangan nyawa mereka setelah sebagian gedung sekolah tersebut hancur akibat gempa di Provinsi Takhar,” kata Juru Bicara Pemerintah Provinsi Takhar, Sunnatullah Timor, kepada Xinhua.

Ia juga menambahkan 40 orang yang cedera dari seluruh provinsi itu telah dibawa ke rumah sakit di Ibu Kota Provinsi tersebut, Taluqan.

Menurut laporan awal yang dikumpulkan dari berbagai distrik Provinsi Badakhshan, satu orang telah dikonfirmasi tewas dan 86 rumah hancur, kata Kepala Departemen Bencana Alam Provinsi Badakhshan Sayed Abdullah Hamayon Dehqan.

Sementara itu, warga lokal di Provinsi Baghlan, Takhar, Jauzjan, Kunduz dan Badakhshan mengatakan sejumlah orang cedera dan beberapa rumah hancur dan rusak.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL