HudhudNew Delhi, LiputanIslam.com — Ribuan warga India dievakuasi setelah topan siklon “Hudhud” mengancam kawasan Teluk Benggala.

Sebagaimana dilaporkan Press TV, topan Siklon “Hudhud” telah berada pada jarak 330 km selatan kota Visakhapatnam pada hari Sabtu (11/10) sore. Pemerintah pun mengevakuasi 150.000 penduduk pada hari Sabtu dan 400.000 lainnya diperkirakan telah dievakuasi Minggu pagi.

Pejabat dan aparat pemerintah telah mempersiapkan barang-barang kebutuhan darurat dengan sejumlah besar tim penolong bersiap-siap di sepanjang pantai di negara bagian Andhra Pradesh dan Orissa.

Menurut Badan Meteorologi India “Hudhud” adalah topan kuat yang berkecepatan hingga 195 km per-jam dan disertai hujan badai saat melintas.

Empat distrik di Andhra Pradesh yang berpenduduk mencapai 14 juta orang, Srikakulam, Vijayanagaram, Visakhapatnam dan East Godavari, kemungkinan akan menjadi wilayah paling parah terkena serangan topan ini.

Pemerintah telah mendirikan 370 penampungan bagi penduduk yang mengungsi. Selain itu sebanyak 4 kapal perang dan 9 helikopter juga disiapkan untuk melakukan pertolongan. Demikian juga sejumlah besar tentara dan aparat pemerintah disiapkan melakukan tindakan darurat.

Teluk Benggala merupakan kawasan yang paling sering dilanda topan maut. 27 dari 35 topan maut paling mematikan yang tercatat dalam sejarah terjadi di kawasan ini.

Pada tahun 1999 topan siklon menerjang kota Orissa dan menewaskan lebih dari 10.000 orang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL