pro kirchnerBuenos Aires, LiputanIslam.com — Ratusan ribu warga Argentina tumpah ke jalan-jalan di kota Buenor Aires dan berkumpul di depan gedung Congress, Minggu (1/3), untuk memberikan dukungan terhadap Presiden Christina yang didakwa telah menghambat penyelidikan pemboman gedung kebudayaan yahudi di Buenos Aires (AMIA) tahun 1994.

Seperti dilaporkan Press TV aksi pawai akbar itu berlangsung setelah seorang jaksa federal mementahkan dakwaan terhadap Presiden Kircner. Minggu lalu Jaksa Daniel Rafecas menyebut dakwaan itu sebagai ‘lemah’ dan tidak memiliki bukti yang cukup.

Dakwaan terhadap Presiden Kirchner dibuat oleh jaksa penyidik kasus pemboman AMIA Alberto Nisman yang meninggal secara misterius di apartemennya pada 18 Januari lalu. Nisman juga menuduh Iran terlibat dalam pemboman yang menewaskan 85 orang itu.

Presiden Kirchner menuduh badan inteligen negara SI melakukan rekayasa kasus tersebut melalui Nisman, untuk mendiskreditkannya. Sebagai tindak lanjutnya Kircner dengan dukungan parlemen telah membubarkan SI dan membentuk badan inteligen baru.

“Saya bersedih atas kematiannya (Nisman), seperti saya bersedih atas kematian setiap warga Argentina dan manusia. Namun kasus AMIA tidak boleh digunakan sebagai instrumen politik,” kata Kirchner, Minggu.

Sejumlah pengamat inteliten independen menuduh pemboman AMIA adalah operasi inteligen Israel untuk mendiskreditkan Iran.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*