paus di manilaManila, LiputanIslam.com — Ratusan ribu warga Filipinan menyambut kedatangan Sri Paus Franciscus di Manila, Kamis (15/1) petang. Sebagian besar dari mereka rela menunggu berjam-jam untuk bisa melihat kedatangan Paus.

Jutaan warga Katholik lainnya diharapkan akan bertemu Paus selama kunjungannya di Filipina selama 5 hari. Filipina adalah negara di Asia yang paling banyak pengikut Katholiknya hingga mencapai 80 juta jiwa. Demikian BBC News melaporkan.

Sebelumnya Sri Paus mengatakan bahwa prioritas kunjungannya di Filipina adalah menyampaikan pesan kepada warga miskin yang menghadapi ketidak adilan sosial, spiritual dan eksistensial.

“Pesan pokok kunjungan ini adalah untuk orang-orang miskin yang harus bangkit, yang menderita karena topan  Haiyan dan terus menerus mengalami penderitaan,” kata Paus dalam penerbangan menuju Filipina dari Sri Lanka.

Ketika pesawat yang membawa Paus mendarat di bandara Manila, wilayah Manila ditutup bagi semua penerbangan. Helikopter-helikopter bersenjata beterbangan di angkasa dan 25.000 polisi berjejer di sepanjang jalan yang dilalui Paus. Ia disambut langsung oleh Presiden Aquino dan para pejabat Filipina. Saat meninggalkan bandara, Paus berdiri di atas mobil terbuka yang membawanya sejauh 11 km melintasi jalanan kota Filipina menuju Apostolic Nunciature dimana ia menginap.

Ribuan warga Filipina masih belum pulih dari penderitaan paska terjadinya bencana topan Haiyan yang menewaskan 7.300 orang tahun 2013. Hari Sabtu besok Paus akan mengunjungi korban topan Haiyan di Provinsi Leyte yang merupakan wilayah paling parah terkena terjangan topan.

Gereja Katholik Filipina tengah terlibat perselisihan dengan pemerintahan Presiden Aquino terkait program pembatasan kelahiran pemerintah.

Pada tahun 1970 Paus Paulus VI mendapat serangan dari seseorang saat tiba di Bandara Manila. Kemudian pada tahun 1995 otoritas Filipina mengumumkan ditemukannya sebuah kelompok yang mencoba untuk membunuh Paus.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*