kapal feriAthena, LiputanIslam.com — 466 penumpang dievakuasi dari kapal feri yang terbakar di dekat sebuah pulau di Yunani, Minggu (28/12). Angin dan ombak besar mengganggu proses evakuasi.

Sebagaimana dilaporkan Russia Today, kapal feri berbendera Italia yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Norman Atlantic, tengah berlayar dari Yunani menuju Italia ketika api mulai terbakar di kapal tersebut, Minggu pagi waktu setempat.

“Kapten kapal memerintahkan evakuasi para penumpang kapal, menurut informasi awal,” kata jubir Norman Atlantic, Nikos Lagkadianos.

Angin berkekuatan hingga 100 km per-jam mengganggu upaya evakuasi yang melibatkan tim penolong dari berbagai negara terutama Italia, Albania dan Yunani.

Sementara jubir Angkatan Laut Italia Riccardo Rizzotto mengatakan kepada AFP, “Kondisi cuaca sangat buruk sehingga diperlukan tingkat dukungan yang luar biasa, yang secara efektif saat ini tengah dilakukan.”

Rizzotto menambahkan bahwa kapal kini terbawa arus menuju lepas pantai Albania.

Kapal feri ini mengangkut 411 penumpang dan 55 awak kapal dengan angkutan mencapai 222 kendaraan. Setidaknya 150 penumpang sejauh ini telah dipindahkan ke sebuah kapal kontainer yang berlayar di dekat kapal yang terbakar.

Sebagian besar penumpang feri tersebut berasal dari Italia dengan jumlah mencapai 278 orang. Penumpang lainnya berasal dari sejumlah negara seperti Jerman, Austria, Turki, Perancis, dan Belanda.

“Mereka mencoba menurunkan sejumlah sekoci, namun tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Tidak ada koordinasi,” kata seorang penumpang yang selamat kepada Reuters.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL