longsor afghanKabul, LiputanIslam.com — Sekurangnya 350 orang tewas dan ratusan lainnya terperangkap oleh tanah longsor yang terjadi di wilayah terpencil di timur laut Afghanistan, hari Jumat (2/5). Demikian keterangan jubir PBB.

Ari Gaitanis, pejabat misi PBB di Afghanistan, mengatakan PBB dan otoritas Afghanistan tengah bekerja sama untuk menyelamatkan orang-orang yang masih terperangkap akibat tanah longsor itu. Provinsi Badakhshan dimana musibah itu terjadi, terletak di pegunungan Hindu Kush dan Pamir yang berbatasan dengan Cina.

Setidaknya 250 orang dilaporkan hilang setelah tanah longsor menimbun desa-desa di utara Afghanistan, Jumat (2/5). Demikian keterangan para pejabat Afghanistan.

“Sekitar 250 hingga 400 orang hilang,” kata wakil gubernur Badakhshan, Gul Mohammad Baidaar kepada AFP.

“350 hingga 400 rumah hancur,” tambahnya.

Lokasi kejadian yang terpencil menyebabkan informasi sangat sulit didapatkan. Badakhshan adalah provinsi terpencil yang terletak di dekat perbatasan dengan Tajikistan, Cina dan Pakistan.

“Informasi yang kami terima adalah sekitar 600 keluarga tinggal di desa Aab Bareek, Argo,” kata Mohammad Daim Kakar, kepala BNPT Afghanistan kepada AFP.

Diduga kuat tanah longsor terjadi akibat hujan terus-menerus selama 2 hari terakhir.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL