boko haramAbuja, LiputanIslam.com — Militer Nigeria mengklaim 260 anggota kelompok Boko Haram telah menyerah dalam beberapa hari terakhir. Selain itu militer juga mengklaim berhasil membunuh pemimpin kelompok tersebut, Abubakar Shekau.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Kamis (25/9), sebanyak 135 anggota Boko Haram menyerah dengan senjata mereka di Biu, Provinsi Borno, hari Selasa (23/9), dan 133 anggota Boko Haram lainnya menyerah di tempat-tempat lain. Mereka semua kini tengah menjalani interogasi.

BBC menyebutkan, ini adalah perkembangan yang tidak pernah terjadi sebelumnya dan menunjukkan militer Nigeria kini berada di atas angin.

Jubir militer, Chris Olukolade, juga mengklaim berhasil membunuh orang yang selama ini mengklaim sebagai pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, yang ternyata palsu karena ternyata Shekau telah tewas sejak tahun 2009.

Dalam pengumuman tersebut, untuk pertama kalinya militer Nigeria mengumumkan tewasnya Abubakar Shekau, yang menurut militer tewas dalam pertempuran tahun 2009. Adapun orang yang selama ini bertindak selaku Shekau, ternyata adalah anggota Boko Haram Mohammed Bashir. Militer berhasil membunuh Bashir dalam pertempuran terakhir.

“Bashir telah berakting atau berpose di video-video sebagai Abubakar Shekau yang telah tewas. Kharakter eksentrik yang kemudian dikenal sebagai pemimpin Boko Haram,” kata Olukolade.

Namun Olukolade menolak menyebutkan dimana Shekau dan Bashir terbunuh.

Sementara itu, dalam pertemuan DK PBB di New York, Rabu (24/9), Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mendesak dicarinya lebih banyak cara untuk memerangi Boko Haram.

“Bukti-bukti menunjukkan bahwa Boko Haram didanai dari luar negeri kami,” kata Jonathan.

“Hanya dengan tindakan-tindakan tegas bersama-sama dapatlah kita mengalahkan ancaman serius ini terhadap kemanusiaan dan juga membangun struktur kuat untuk menahan kemunculannya,” tambah Jonathan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL