NAFTA-protestMexico City, LiputanIslam.com — Ratusan warga Mexico, hari Rabu (19/2), melakukan aksi demonstrasi menentang kebijakan-kebijakan AS di Amerika Utara, menjelang kedatangan Presiden Barack Obama di Mexico untuk mengikuti pertemuan tahunan ke-6 “Summit of North American Leaders”.

Menurut beberapa laporan, demonstran terlibat bentrokan dengan aparat keamanan di kota Toluca, di dekat ibukota Mexico City. Para demonstran yang datang dari berbagai kelompok, menuduh kerjasama perdagangan antara Amerika dan Mexico hanya menguntungkan Amerika.

Kedatangan Obama dalam pertemuan tersebut bersamaan dengan ulang tahun ke-20 pembentukan North American Free Trade Agreement (NAFTA), blok ekonomi yang beranggotakan AS, Mexico dan Kanada.

Aksi demonstrasi yang berujung bentrokan tersebut terjadi hanya beberapa saat sebelum Barack Obama dan PM Kanada Stephen Harper duduk bersama Presiden Mexico Enrique Pena Nieto di Toluca untuk membahas peningkatan perdagangan ketiga negara.

Selain masalah ekonomi dan perdagangan, pertemuan antara ke tiga delegasi juga membicarakan masalah keamanan regional dan reformasi imigrasi.(ca/press tv/ap)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL