prayuthBangkok, LiputanIslam.com — Raja Thailand secara resmi menunjuk pemimpin junta militer Jendral Prayuth Chan-ocha sebagai perdana menteri setelah sebelumnya ia diterima kedatangananya ke istana.

Jendral Prayuth menerima surat resmi penunjukan Raja tersebut di markas angkatan bersenjata di Bangkok dalam sebuah upacara resmi, Senin (25/8).

Selanjutnya Jendral Prayuth akan segera membentuk susunan kabinet yang harus disetujui oleh Raja pada bulan Oktober mendatang. Demikian laporan BBC News.

Jendral Prayuth sebelumnya telah ditunjuk oleh parlemen bentukan junta militer sebagai satu-satunya kandidat perdana menteri, yang dilanjutkan dengan kunjungan Prayuth ke istana untuk mendapatkan restu Raja.

Dalam foto resmi yang diumumkan, tampak Prayuth berjongkok dan menghormati foto raksasa Raja Bhumibol Adulyadej (86 tahun) yang tidak hadir secara langsung karena alasan kesehatan.

Berpidato setelah penunjukan tersebut, Jendral Prayuth meminta rakyat untuk bekerjasama dengan pemerintah untuk memulihkan demokrasi. Ia juga kembali membela langkah kudeta yang dilakukan militer yang disebutnya untuk menghentikan jalan buntu politik yang berujung pada kerusuhan-kerusuhan yang menewaskan sejumlah besar warga.

Prayuth akan memegang jabatan sebagai perdana menteri hingga pemilu mendatang yang dijadwalkannya bakal digelar setidaknya setelah bulan Oktober 2015. Sementara itu ia telah memperkuat kekuasaan kekuasaan junta militer dengan membubarkan parlemen dan menggantinya dengan parlemen baru yang beranggotakan mayoritas personil militer dan polisi. Ia juga telah mengganti  konstitusi dengan konstitusi baru yang mendukung militer.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL