Bhumibol_thumb[5]Bangkok, LiputanIslam.com — Kondisi kesehatan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej membaik setelah menjalani operasi pengangkatan kandung empedu. Sebelumnya publik Thailand dilanda kekhawatiran atas kesehatannya.

Raja Bhumipol yang kini berumur 86 tahun ini dianggap sebagai “manusia suci” oleh sebagian rakyat Thailand dan menjadi simbol nasionalisme Thailand.

Sebagaimana laporan BBC News, Senin (6/10), dalam pernyataan yang dikeluarkan, istana menyebutkan bahwa operasi pengangkatan kandung empedu berlangsung hari Minggu (5/10) malam setelah diketahui mengalami pembengkakan.

“Operasi berjalan memuaskan dan Raja telah kembali ke ruangannya pukul 00.20. Pagi ini jantung Raja berdetak lebih lemah, tekanan darah normal dan demamnya menurun,” demikian pernyataan istana.

Ribuan rakyat Thailand menggelar doa bersama untuk kesehatan Raja dan warga berdatangan ke rumah sakit Siriraj Hospital di Bangkok mengenakan baju warna pink dan kuning yang merupakan simbol kerajaan.

Raja telah menjalani beberapa kali perawatan di rumah sakit Siriraj Hospital dalam beberapa tahun terakhir. Bulan lalu misalnya, Raja menjalani perawatan karena sakit perut.

Pada tahun 2009 lalu Raja mengalami infeksi paru-paru yang memaksanya tinggal di rumah sakit selama hampir 4 tahun.

Perdana Menteri Prayuth mengunjungi raja di rumah sakit pada hari Senin dan menandatangani dukungan kepada raja.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL