raja spanyolMadrid, LiputanIslam.com — Raja Spanyol mengecam tindak korupsi yang melanda negerinya, di tengah perhatian publik atas kasus korupsi yang tengah menjerat adiknya.

Sebagaimana dilansir BBC News, Kamis (25/12), dalam pidato menyambut Natal Raja Filipe menyebutkan bahwa “publik figur” tidak patut untuk mendapatkan keuntungan pribadi karena jabatannya. Namun ia tidak menyebutkan secara langsung adik kandungnya, Putri Cristina dan suaminya Inaki Urdangarin, yang tengah terjerat kasus korupsi berupa penggelapan pajak.

Kasus yang menjerat Putri Cristina ini diduga kuat menjadi salah satu alasan pengunduran diri Raja Juan Carlos pada Juni lalu. Kasus ini telah mulai disidik sejak tahun 2010.

“Tidak boleh ada perlakuan khusus bagi mereka yang menduduki jabatan publik,” kata Raja Filipe dalam pidato sambutannya.

Spanyol tengah dilanda sejumlah kasus korupsi yang melibatkan sejumlah publik figur, di antaranya politisi Rodrigo Rato, mantan kepala International Monetary Fund (IMF).

Lebih jauh Raja Felipe menyatakan harapannya bahwa kasus-kasus itu bisa meyakinkan rakyat bahwa mereka yang didakwa telah melakukan “tindakan tidak patut” akan diperlakukan dengan layak.

Dalam pidatonya itu Raja Filipe juga menyinggung kinerja ekonomi negaranya yang kurang baik dengan menyebut angka pengangguran yang mencapai 24% sebagai “tidak bisa diterima”. Ia juga menyinggung masalah separatisme di Katalonia, dengan menyebutkan bahwa Katalonia merupakan bagian tidak terpisahkan dari Spanyol.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL