Saudi Arabia's King Abdullah meets Egypt's new president Abdel Fattah al-Sisi during his visit to CairoKairo, LiputanIslam.com — Raja Saudi Arabia Abdullah telah mengadakan kunjungan ke Kairo untuk bertemu dengan presiden terpilih Mesir Al Sisi. Pertemuan keduanya dilakukan di dalam pesawat pribadi Abdullah di Bandara Kairo, Jumat (20/6).

Sebagaimana dilaporkan Press TV dengan mengutip kantor berita Mesir MENA, Sabtu (21/6), Raja Abdullah terbang ke Kairo setelah menjalani perawatan medis di Maroko.

Raja Abdullah dan Al Sisi bertemu selama satu jam di dalam pesawat pribadi raja. Mereka berdua ditemani oleh para pejabat kedua negara. Perdana menteri Mesir Ibrahim Mahlab juga hadir dalam pertemuan.

Dalam pertemuan itu dilaporkan Al Sisi menyatakan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan Saudi Arabia.

Sebagaimana diketahui Saudi telah memberikan dukungan politik dan ekonomi secara penuh kepada Mesir setelah Al Sisi, yang saat itu menteri pertahanan dan panglima militer Mesir,  berhasil menggulingkan presiden terpilih Muhammad Moersi tahun lalu.

Kedua pihak juga membicarakan proposal Saudi berupa konperensi internasional “Friends of Egypt” yang ditujukan untuk menggalang dukungan ekonomi bagi pemerintahan Mesir di bawah kepemimpinan Al Sisi.

Setelah kemenangan Al Sisi sebagai Presiden Mesir dalam pemilu yang digelar bulan ini, Raja Saudi langsung memberikan ucapan selamat kepadanya.

Pada tanggal 3 Juni Komisi Pemilu Mesir menyatakan Al Sisi memenangkan pemilihan presiden dengan suara 97 persen. Pemilu itu sendiri berlangsung penuh kontroversi karena diboikot oleh Ikhwanul Muslimin dan kelompok-kelompok pro-demokrasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL