Kuala Lumpur, LiputanIslam.com—Raja Arab Saudi, Raja Salman, tiba di Kuala Lumpur, Malaysia, dan disambut langsung oleh Perdana Menteri Malaysia (27/2). Kunjungan ini akan diikuti dengan lawatan ke beberapa negara Asia lainnya, antara lain Indonesia, China, dan Jepang.

Televisi Malaysia menayangkan siaran langsung upacara penyambutan terhadap Raja Salman. Rombongan kemudian dibawa ke gedung parlemen dan disambut dengan tembakan 21 kali sebagai penghormatan.

Menurut sumber pemerintah, kunjungan selama empat hari ini akan difokuskan pada pembicaraan mengenai kerjasama kedua negara di bidang ekonomi dan energi.

Direncanakan hari ini, Selasa (28/2), perusahaan minyak nasional Malaysia, Petroliam Nasional Bhd (Petronas) dan perusahaan minyak nasional Saudi, Aramco, akan menandatangani perjanjian proyek Refinery and Petrochemical Integrated Development (RAPID).

“Investasi Arab Saudi di Malaysia diharapkan akan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan dan kami bangga perusahaan Malaysia telah dipilih untuk mendapatkan proyek di berbagai lokasi yang prestisius di Arab Saudi,” kata PM Najib hari Jumat yang lalu.

Raja Saudi terakhir yang berkunjung ke Malaysia adalah Raja Abdullah yang pada tahun 2006 bertandang dengan membawa 300 delegasi. Kali ini Raja Salman melawat dengan disertai oleh 600 orang.

Mahathir: Mereka Tidak Membawa Persahabatan

Sementara itu, situs Malaysiakini.com mengutip pernyataan mantan Perdana Menteri Mahathir Mohammad yang mengatakan, “Ada pemimpin negara asing datang ke Malaysia bukan atas dasar persahabatan tetapi kerana sesuatu yang diberikan oleh perdana menteri kepada mereka.”

Meskipun tidak menyebut nama pemimpin yang dimaksudnya, Malaysiakini.com menyatakan bahwa dipercaya yang dimaksud Mahathir adalah Raja Salman.  Hal ini karena Mahathir juga menyinggung ‘uang derma’ yang diterima PM Najib.

Pada bulan Juni 2015, The Wall Street Journal memberitakan bahwa keluarga Arab Saudi telah mengirim uang sejumlah 2,6 milyar Ringgit ke akun bank PM Najib dan itu disebut sebagai ‘derma’ (sedekah). (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL