Emir-of-Qatar-favors-Arab-troops-in-Syria_NGArticleFullKairo, liputanislam.com — Harian Al-Wathan Al-Mishiriyah baru saja melaporkan tentang upaya Qatar untuk membentuk pasukan yang hendak mengembalikan kekuasaan Ikhwanul Muslimin di Mesir.

Menukil laporan dari sumber-sumber khusus, dalam laporan tersebut dikatakan: ”Qatar, tengah bekerjasama dengan Ikhwanul Muslimin (IM), menyiapkan dana $1,5 milyar guna membentuk pasukan untuk memerangi militer dan polisi Mesir.”

“Beberapa hari lalu, sejumlah perwira intelijen Qatar bertemu dengan beberapa petinggi cabang internasional IM di Turki. Mereka sepakat untuk memberikan bantuan finansial kepada pasukan pembebasan, termasuk pengiriman senjata lewat Sudan dan Libya. Tujuannya adalah meningkatkan perlawanan dalam periode-periode mendatang.”

Pertengahan tahun lalu militer Mesir melengserkan Mohammad Mursi, anggota IM, dari kursi kepresidenan dan membentuk pemerintahan baru. Pemerintahan Mursi dan IM selama ini mendapat dukungan finansial, politik, dan media dari Qatar. Dengan digulingkannya Mursi, hubungan Kairo dan Doha pun menjadi keruh.

Pasca pelengseran Mursi, Qatar enggan memperpanjang masa deposito senilai $4 milyar di bank Mesir. Al-Jazeera, corong media Qatar, mengkritik keras pemerintahan baru Mesir dan mendukung penuh IM. Akibatnya, Kejaksaan Mesir memenjarakan tiga jurnalis Al-Jazeera, termasuk direktur saluran berbahasa Inggris Al-Jazeera di Kairo, selama 15 hari untuk diinvestigasi.

Kejaksaan Mesir menuduh direktur saluran berbahasa Inggris Al-Jazeera terkait dengan sebuah kelompok teroris, yaitu IM. Terakhir, para petinggi Mesir menetapkan IM sebagai organisasi teroris.

Dalam surat dakwaan yang diterima Jaksa Agung Mesir baru-baru ini, raja Qatar dituduh sebagai provokator kekerasan di Mesir dengan cara melindungi Ashim Abdul Majid, salah satu pemimpin Jamaah Islamiyah.

Menurut Ashim Qindil, seorang pengacara Mesir, dalam surat dakwaannya, dia berpegang pada ucapan Syaikh Tamim bahwa, “sudah tugas kami mendukung IM. Tak perlu ada ungkapan terima kasih.”

Mesir menuntut petinggi Qatar guna mengembalikan Ashim Abdul Majid ke Kairo untuk diadili. Abdul Majid didakwa atas sejumlah kasus di Mesir. (bt/ABNA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL