srirasmiBangkok, LiputanIslam.com — Putri Mahkota Thailand sekaligus istri Putra Mahkota Vajiralongkorn, Srirasmi, akhirnya mengundurkan diri dari posisinya di kerajaan menyusul skandal korupsi yang melanda keluarganya. Demikian pengumuman kerajaan Thaiand sebagaimana dilansir BBC News, Jumat (12/12) petang.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa Raja Bhumibol Adulyadej telah menerima pengunduran diri secara tertulis yang disampaikan Srirasmi.

Belum lama berselang Putra Mahkota Vajiralongkorn telah memerintahkan pemerintah untuk menghapus gelar kebangsawanan keluarga Srirasmi, menyusul penangkapan 7 keluarga Srirasmi oleh polisi karena keterlibatan korupsi. Di antara yang ditangkap itu adalah seorang perwira tinggi polisi yang diduga menjadi pelindung jaringan perjudian gelap dan penyelundupan.

Dalam pernyataan yang dimuat di media milik kerajaan, Royal Gazette, tertulis: “Putri Srirasmi, istri Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn… telah menulis surat pengunduran diri dari statusnya di keluarga kerajaan dan ijin telah diberikan oleh Paduka Raja.”

Srirasmi adalah istri ketiga Putra Mahkota Kerajaan yang menikahinya tahun 2001. Mereka berdua dikaruniai seorang anak laki-laki. Srirasmi dianggap sebagai calon kuat Ratu Thailand jika suaminya menggantikan Raja Bhumipol yang telah berkuasa sejak tahun 1946 dan menjadi penguasa paling lama di dunia yang masih hidup.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL