jacky jaycee chanBeijing, LiputanIslam.com — Putra aktor terkenal Jacky Chan, Jaycee Chan dinyatakan bersalah atas kejahatan pemakaian obat-obatan terlarang oleh pengadilan Beijing, Jumat (9/1). Ia dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan.

Seperti dilansir BBC News, pengadilan tidak mendakwa Jaycee (32 tahun) sebagai pemakai, namun ia dihukum karena “melindungi orang lain untuk memakai obat-obatan terlarang”. Selain itu ia juga didenda 2.000 yuan atau sekitar Rp 4 juta.

Jaycee ditangkap di rumahnya pada bulan Agustus lalu bersama seorang aktor Taiwan Kai Ko (23 tahun). Polisi menemukan lebih dari 100 gram marijuana dan menghadapi ancaman hukuman 3 tahun. Sementara itu Kai Ko dikembalikan ke negara asalnya setelah menjalani penahanan administratif selama 2 minggu.

Penggerebegan itu merupakan bagian dari kampanye pemberantasan obat-obatan terlarang yang digelar pemerintah. Pada bulan Juni 2014 Presiden Xi Jinping memerintahkan polisi untuk melakukan tindakan keras untuk memberantas peredaran narkoba. Sejak itu sejumlah publik figur ditangkap polisi karena terlibat penggunaan obat-obatan terlarang.

Dalam pengakuannya di hadapan sidang pengadilan hari Jumat (9/1) Jaycee mengatakan bahwa ketika polisi datang ke rumahnya, ia “memberikan semua informasi yang diperlukan dan memberikan pengakuan, karena tidak mengetahui penggunaan marijuana”.

Ayah Jaycee, aktor Jackie Chan, yang diangkat sebagai “duta pemberantasan obat-obatan terlarang” oleh pemerintah tahun 2009 mengaku “malu dan sedih” dengan apa yang dilakukan putranya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*