putinMoskow, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh pasukan Ukraina mendapatkan bantuan senjata dari negara-negara barat sembari tetap menyatakan optimismenya tentang prospek perdamaian Ukraina.

“Menurut data yang kami miliki, senjata-senjata telah dikirimkan ke Ukraina,” kata Putin dalam pernyataan pers di ibukota Hungaria Budapest, usai bertemu Presiden Viktor Orban, Rabu (18/2).

Putin mengingatkan bahwa pengiriman senjata-senjata itu hanya akan menimbulkan korban lebih banyak dalam konflik Ukraina.

“Jumlah korban akan semakin banyak dan hasilnya tidak berubah,” tambah Putin seperti dilaporkan Russia Today dan dilansir Press TV, Rabu.

Lebih jauh Putin menyebut bahwa pasukan Ukraina tidak memiliki motivasi untuk berperang, sementara para milisi separatis justru sangat bersemangat untuk bertempur demi mempertahankan wilayahnya. Itulah sebabnya, saat ini pasukan Ukraina terdesak di medan perang.

Putin juga mendesak Ukraina untuk tidak memaksa prajuritnya yang terkepung di kota Debaltseve tetap bertahan. Russia Today menyebutkan sekitar 5.000 prajurit Ukraina masih terkepung di kota tersebut.

Tentang situasi di Ukraina paska gencatan senjata, Putin menyebut situasinya sebagian lebih baik, namun sebagian lainnya lebih buruk. Kemudian Putin menyarankan kepada Ukraina untuk melakukan langkah reformasi konstitusional untuk mengakomodasi aspirasi warga Ukraina timur yang memberontak.

Sementara itu hari Selasa (17/2) DK PBB setuju atas draft resolusi yang diajukan Rusia untuk mendukung Perjanjian Perdamaian Minsk minggu lalu yang menjadi dasar gencatan senjata di wilayah konflik Ukraina timur.

Di sisi lain pemberontak pada hari Selasa (17/2) mengklaim telah menguasai 80% wilayah kota Debaltseve, setelah melalui pertempuran berminggu-minggu.

PBB menyebut sekitar 5.700 orang telah tewas akibat konflik di Ukraina sementara sekitar sejuta lainnya meninggalkan tempat tinggalnya sejak konflik bersenjata bulan April 2014.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL