Moskow, LiputanIslam.com—Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa hubungan terkini antar negara-negara dunia sedang “kacau” dan hanya akan semakin buruk kecuali jika komunitas internasional memilih hubungan yang lebih konstruktif.

“Memang, situasi global terkini membuat khawatir,” katanya dalam upacara penerimaan penghargaan dari duta-duta luar negeri di Moskow pada Rabu (11/4/18).

“Situasi di dunia menjadi semakin kacau. Namun, kita berharap bahwa akal sehat akan menang dan hubungan internasional akan kembali dalam jalur yang konstruktif dan seluruh sistem global akan menjadi semakin stabil dan dapat diprediksi,” tambahnya.

Putin kemudian mengatakan kepada para duta besar bahwa Rusia siap mendengar nasihat-nasihat konstruktif  mereka dan menggunakan itu sebagai dasar hubungan yang lebih baik dengan negara lain.

Pernyataan sang presiden Rusia ini keluar di tengah spekulasi tentang AS yang sedang mempersiapkan serangan militer terhadap pemerintah Suriah, dengan dalih bahwa Presiden Suriah Bashar Assad telah melakukan serangan gas terhadap rakyatnya sendiri di kota Douma pada Sabtu lalu.

Sebagai bentuk ancaman kepada Rusia yang merupakan salah satu pendukung utama pemerintah Suriah, Presiden AS Donald Trump mengunggah sebuah tweet pada Rabu kemarin. Isinya, ia memperingatkan Rusia untuk bersiap-siap “tertembak” rudal dari militer AS.

Merepon tweet ancaman itu, juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa pemerintahnya tidak mau terlibat dalam “diplomasi Twitter”, namun dalam pendekatan yang lebih serius. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL