Moskow, LiputanIslam.com–Presiden Rusia Vladimir secara resmi mengundang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk mengunjungi ke negaranya pada September tahun ini.

Menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Senin (4/6/18), undangan tersebut diberikan kepada Kim dalam kunjungan PM Rusia Sergei Lavrov ke Korut pada akhir bulan lalu.

Peskov menambahkan, kunjungan Kim bisa jadi bertepatan dalam acara pertemuan Forum Ekonomi Timur ke-4 pada 11-13 September di Vladivostok, Rusia, yang dekat dengan perbatasan Korut.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kim melakukan kunjungan ke Cina selama dua kali untuk bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping, dan juga dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di perbatasan desa Panmunjom di Zona Demilitarisasi.

Pemimpin tertinggi Korut itu juga berencana bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada 12 Juni di Singapura.

Trump mengaku tidak menerima kunjungan PM Rusia Sergei Lavrov ke Pyongyang pada 31 Mei lalu dan mempertanyakan tujuan pertemuan tersebut.

Selain Cina, Rusia diketahui memiliki hubungan yang baik dengan Korut, yang ditunjukkan dengan penyediaan kebutuhan ekonomi dan militer kepada negara itu selama masa-masa sanksi intensif yang dijatuhkan oleh AS.

Undangan Kremlin kepada Kim Jong-un dapat diartikan sebagai bentuk kekhawatiran Rusia dan Cina atas pengaruh AS di Asia Timur, dan dorongan dari kedua kekuatan ini bagi percakapan tentang denuklisasi dan proses perdamaian di semenanjung Korea. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*