armada rusiaMoskow, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan Armada Utara dan unit-unit pasukan terjung payung untuk bersiaga penuh. Media-media Rusia melaporkan.

Perintah itu dikeluarkan Putin, Senin (16/3), sebagai bagian dari kesiapan sejumlah latihan militer yang akan segera dilaksanakan. Demikian seperti dilaporkan kantor berita RIA Novosti, Senin (16/3).

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa sekitar 40.000 personil, 41 kapal perang, 15 kapal selam, dan 110 pesawat dan helikopter tempur akan dilibatkan dalam latihan-latihan perang itu.

Armada Utara (Northern Fleet) adalah bagian dari AL Rusia yang bertugas menjaga kedaulatan Rusia di wilayah barat-laut Rusia. Markas utama armada ini adalah di kota pelabuhan Severomorsk di Provinsi Murmansk.

Latihan-latihan perang itu dilangsungkan di tengah-tengah rencana NATO meningkatkan aktifitas maupun kekuatannya di negara-negara Eropa timur yang dekat dengan perbatasan Rusia paska berkecamuknya krisis di Ukraina.

NATO sendiri tahun lalu telah menggelar 200 latihan perang di Eropa timur tahun lalu, dan Sekjen NATO Jens Stoltenberg berjanji bahwa latihan-latihan perang itu akan dilanjutkan tahun ini.

Pada tanggal 10 Maret lalu NATO meluncurkan latihan perang di Laut Hitam, tidak jauh dari Semenanjung Krimea yang tahun lalu dianeksasi oleh Rusia. Setidaknya enam negara, AS, Kanada, Jerman, Italia, Bulgaria, Rumania dan Turki, terlibat dalam latihan perang itu.

Menhan Rusia Shoigu, dalam pengumuman hari Senin itu juga mengatakan bahwa ancaman terhadap Rusia terus meningkat akhir-akhir ini dan karenanya Rusia terpaksa harus meningkatkan kewaspadaan dan kekuatannya.

“Tantangan-tantangan dan ancaman-ancaman baru terhadap keamanan militer menuntut angkatan bersenjata (Rusia) untuk meningkatkan kemampuannya,” kata Shoigu kepada RIA Novosti.

Hubungan Rusia dengan negara-negara NATO berada di titik terendah sejak terjadinya krisis Ukraina tahun lalu. Akhir tahun lalu Rusia mengubah doktrin militernya dengan menempatkan NATO sebagai ancaman, dari sebelumnya sebagai mitra.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*