putin pbbMoskow, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin kembali mengejek Turki atas tindakannya menembak pesawat tempur Rusia pada bulan November lalu. Menurut Putin Turki telah memutuskan untuk ‘menjilat Amerika di tempat tertentu’.

Ini adalah sebuah ungkapan yang sangat kasar. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Kamis (17/12), mengutip pernyataan Putin dalam pidato tahunannya yang berlangsung selama tiga jam lebih.

Putin juga menuduh langkah ‘Islamisasi yang mengerikan’ yang digalakkan Turki telah membuat pendiri Turki, Kemal Attaturk, gelisah di dalam kuburnya.

“Islamisasi mengerikan di Turki telah membuat Ataturk gelisah di dalam kuburnya,” kata Putin merujuk pada keadaan Turki di bawah kepemimpinan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan partai AKP-nya.

Dalam pidato panjangnya itu Putin juga menyinggung tentang konflik Ukraina dan FIFA. Tentang Ukraina ia membantah keberadaan pasukan reguler Rusia di negara yang tengah dilanda konflik itu. Ia hanya menyebutkan, adanya warga Rusia yang melakukan sejumlah aksi, termasuk militer, di Ukraina.

Tentang FIFA ia memuji pemimpinnya yang tengah terjerat kasus korupsi, Sepp Blatter. Ia menyebut Blatter sebagai ‘layak mendapat hadiah Nobel Perdamaian’, meski juga menyebutkan bahwa siapapun yang bersalah harus dihukum.

Tentang insiden penembakan pesawat Rusia di Turki, Putin menyebut hal itu sebagai ‘tindakan permusuhan’ yang tidak akan membuat Rusia lari. Ia menyebut Turki tidak mendapatkan apapun dengan aksinya itu. Sebaliknya Rusia, menurut Putin, justru semakin kokoh di Suriah dengan menempatkan sistem pertahanan udara canggihnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL