putin_02102013

Sumber foto: Banoosh.com

Oslo, LiputanIslam.com  – Presiden Rusia Vladimir Putin telah dinominasikan untuk mendapatkan  Nobel Perdamaian 2014. Namun keterlibatannya dalam konflik di Ukraina juga akan menjadi pertimbangan komite Nobel

“Dicatat terdapat 278 calon kandidat termasuk 47 organisasi yang menerima nominasi untuk mendapatkan Nobel 2014,” kata direktur Norwegian Nobel Institute, Geir Lundestad. Anggota Komite yang bertemu pada hari Selasa menambahkan usulan dengan adanya perkembangan terakhir di seluruh dunia.

“Bagian yang dibahas dari pertemuan pertama komite adalah untuk mempertimbangkan kejadian-kejadian terakhir di dunia, dan anggota komite mencoba untuk mengantisipasi dengan meninjau segala perkembangan pada ranah politik,” kata Lundestad .

Rusia menguasai wilayah Crimea-Ukraina – setelah Presiden Viktor Yanukovich digulingkan pada tanggal 22 Februari, yang menyebabkan terjadinya konfrontasi serius antara Moskow dan Barat sejak akhir perang dingin.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mendesak Putin untuk mundur  [dari Ukraina]. “Sudah jelas terlihat bahwa Rusia telah bekerja keras untuk menciptakan alasasn agar bisa menyerang lebih lanjut,” kata Kerry.

Paus Francis dan Edward Snowden juga menerima nominasi Nobel, menemani Putin. Remaja Pakistan Malala Yousafzai, yang ditembak di kepala oleh Taliban demi  advokasi hak anak perempuan untuk mendapatkan pendidikan, juga diduga menjadi salah satu kandidat.

Tahun ini, kandidat penerima Nobel mengalami peningkatan. “Kami mendapatkan peningkatan jumlah nominasi dari tokoh di negara-negara yang belum pernah mendapatkan nominasi sebelumnya,” kata Lundestad.

Nobel pertama diberikan tahun 1901, hadiah berupa 8 juta crown Swedia ( $ 1.240.000 ) secara tunai. Pemenang akan diumumkan pada hari Jumat kedua bulan Oktober dan hadiah akan diberikan pada 10 Desember, hari ulang tahun kematian Alfred Nobel. (LiputanIslam.com/banoosh/af)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*