smartphone putinBeijing, LiputanIslam.com — Cina sudah dikenal sebagai salah satu produsen utama telepon pintar (smartphone) dunia. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT APEC yang berlangsung di Beijing, Minggu (9/11), menghadiahi Presiden Cina dengan smarphone yang belum pernah dibuat di Cina.

Seperti dilaporkan Russia Today, Putin menghadiahi smartphone buatan Rusia, YotaPhone 2. Smarphone ini memiliki kelebihan dari smartphone kebanyakan yang beredar di pasaran, yaitu memiliki layar ganda.

Kedua pemimpin memang dikenal memiliki kedekatan tersendiri. Menurut laporan media pemerintah Cina, People’s Daily, keduanya telah bertemu sebanyak 10 kali sejak Xi Jinping menduduki jabatan Presiden Cina tahun lalu.

Kelebihan lain smartphone hadiah Putin itu adalah memiliki sistem perlindungan data yang dikembangkan oleh para ahli Rusia yang membuat gadget itu unik dari sisi keamanan.

“Apakah kita bekerjasama dalam proyek ini juga?” kata Jinping sembari berseloroh saat menerima hadiah dari Putin.

“Kita akan lakukan!” jawab Putin.

Menurut pembuat smartphone canggih itu, Rostec, Presiden Cina menjadi orang pertama yang menjadi pemilik YotaPhone 2. Smartphone itu sendiri baru akan dirilis ke publik bulan Desember mendatang. Untuk pasaran Asia Timur dan Tenggara sendiri, smarphone ini  baru akan diedarkan awal tahun depan.

Smartphone generasi kedua ini pertama kali muncul ke publik pada acara Mobile World Congress di Barcelona baru-baru ini. Rusia mengklaimnya sebagai smartphone layar ganda pertama di dunia. Salah satu layarnya berdasar teknologi kertas elektronik yang membuatnya tetap berfungsi meskipun baterenya telah habis.

Gadget yang dijululi sebaga “Russian iPhone” itu dijual pada harga 14.000 roubles atau $300, atau kurang dari Rp 4 juta.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL