hollande putinParis, LiputanIslam.com — Presiden Prancis Francois Hollande, akan melakukan kunjungan dadakan tidak terjadwal ke Moskow untuk membahas krisis di Ukraina bersama Presiden Vladimir Putin, demikian keterangan Kantor Kepresidenan Prancis, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu (6/12).

Hollande akan berhenti di ibukota Rusia dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke Kazakhstan, sehari setelah Hollande bersumpah untuk mengupayakan de-eskalasi dalam krisis Ukraina. Hollande kemungkinan akan bertemu Putin di Bandara Internasional Moskow.

Mengingat bahwa krisis Ukraina selama delapan bulan – yang telah memicu kebuntuan terburuk antara pihak Timur dan Barat sejak akhir Perang Dingin – menimbulkan ancaman serius bagi perekonomian seluruh wilayah, Hollande berjanji untuk bekerja sama menemukan semua hal yang akan memungkinkan … upaya untuk memulai de-eskalasi.

Uni Eropa dan Amerika Serikat telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas terjadinya krisis, di mana pemerintah Rusia telah mengambil wilayah semenanjung Krimea milik Ukraina, dan sebanyak 4.300 orang meninggal akibat pertempuran di timur Ukraina antara pasukan pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia.

Akibat ketegangan antara pihak Timur dan Barat itu, Prancis telah dipaksa untuk menunda pengiriman dua kapal pengangkut helikopter kelas Mistral yang sedang dibuat oleh Prancis untuk Rusia dalam kontrak senilai 1,2 miliar Euro.

Prancis akan menghadapi denda besar jika melanggar kontrak dengan Rusia, namun Prancis juga harus menghadapi murka para sekutunya di seluruh dunia jika memberikan produk berteknologi tinggi itu kepada Rusia, dengan adanya krisis di Ukraina yang masih bergejolak.

Dengan ekonomi yang sedang mandek, Prancis berada pada posisi yang terbebani dengan dua kapal perang besar, yang dilengkapi dengan teknologi Rusia, yang tidak dapat dijual kepada klien lain.

Salah satu dari dua kapal perang itu seharusnya sudah diantarkan pada November tahun ini, sesuai dengan ketentuan dalam kesepakatan antara Rusia dan Prancis yang ditandatangani pada 2011.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL