dampak topan hududNew Delhi, LiputanIslam.com — Setidaknya 24 orang tewas di negara bagian Andhra Pradesh dan Orissa, India, akibat terjangan topan siklon Hudhud. Sementara otoritas kedua negara bagian itu kini disibukkan untuk memberikan bantuan kepada ratusan ribu warga yang terkena dampak topan tersebut.

Topan Hudhud menghancurkan rumah-rumah, menumbangkan pohon-pohon dan tiang listrik dan merusak tanaman di ladang dan sawah.

Perdana Mentri Narendra Modi dijadwalkan akan terbang ke wilayah-wilayah yang terkena dampak topan, termasuk kota Visakhapatnam, sebelum memutuskan tindakan selanjutnya.

Menyusul datangnya topan Hudhud, hujan deras diperkirakan akan jatuh di 6 negara bagian sehingga menimbulkan kekhawatiran terjadinya banjir.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Selasa (14/10), para petugas penyelamat dan tentara telah menyingkirkan pepohonan tumbang yang memblokir jalan-jalan, memulihkan aliran listrik dan telekomunikasi serta menyingkirkan reruntuhan bangunan dan benda-benda yang terbawa angin dari jalanan.

Kota Visakhapatnam di negara bagian Andhra Pradesh menjadi kota paling parah terkena terjangan topan, hari Minggu (12/10). Kementrian dalam negeri menyebutkan telah mengerahkan pesawat-pesawat dan helikopter untuk menerjunkan bantuan di sekitar kota.

Bandara Visakhapatnam menjadi obyek vital yang paling parah terkena dampak terjangan topan dengan sebagian atapnya runtuh dan landasan pacunya terendam air. Pelabuhan Visakhapatnam juga mengalami kerusakan parah dengan kapal-kapal yang berserakan di bibir pantai.

Pejabat senior Andhra Pradesh Parkala Prabhakar mengatakan kepada Associated Press bahwa sebanyak 15 orang meninggal di Visakhapatnam.

Antrian panjang terjadi di beberapa stasiun BBM, sementara sebagian besar stasiun BBM lainnya ditutup karena rusak.

“Visakhapatnam adalah sebuah tempat yang saya cintai. Namun sangat menyedihkan menyaksikan kota ini sekarang,” kata Gubernur Andhra Pradesh Chandrababu Naidu kepada wartawan, Senin (13/10).

“Kami membutuhkan waktu setidaknya 100 tahun untuk mengembalikan keindahan kota Visakhapatnam,” seorang petugas penolong mengatakan kepada Hindustan Times.

Pejabat setempat mengatakan bahwa lebih dari 6.500 mengalami kehancuran di Andhra Pradesh.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL